Sosialisasi PUG “Jangan Ada Perbedaan”

289
Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Iriansyah Tanjung, SE, M.Si dalam membuka acara Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi Kepala OPD dan Kepala Bidang di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang di Aula BAPPEDA Padang Panjang, Kamis (8/3).

PDGPanjang (Marapinews) –  “Perempuan dan Laki-laki memang berbeda, tetapi bukan untuk dibeda-bedakan,” ujar Pjs. Walikota Irwan, S.sos, MM yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Iriansyah Tanjung, SE, M.Si dalam membuka acara Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi Kepala OPD dan Kepala Bidang di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang di Aula BAPPEDA Padang Panjang, Kamis (8/3).

Sosialisasi PUG merupakan tujuan utama pembangunan global, artinya semua laki-laki dan perempuan dapat dilibatkan secara optimal dalam peran pembangunan dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesetaraan.

Iriansyah Tanjung mengatakan kondisi kesetaraan gender saat ini berada pada posisi sangat memperhatinkan, salah satu penyebabnya karena masih banyaknya pemahaman yang tidak pas tentang pemahaman keadilan gender itu sendiri baik dikalangan masyarakat maupun aparat.

“Artinya seringkali keadilan gender disebut sebagai pemberian porsi kesempatan yang lebih besar pada perempuan dalam suatu aktivitas,” ungkap Iriansyah.

Sementara itu strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dalam merencanakan, menganggarkan, melaksanakan memantau serta mengevaluasi berbagai kebijakan, pogram dan kegiatan pembangunan.

Iriansyah menambahkan PUG sendiri bertujuan untuk memastikan apa laki-laki dan perempuan dapat berpartisipasi sama, punya akses yang sama, serta punya manfaat dan kontrol yang sama dalam pembangunan.

“Jika itu sudah sejalan, maka apa yang ingin dikemukakan dapat di implementasikan,” jelasnya.

Terakhir, Iriansyah berharap semoga dengan dilaksanakan sosialisasi PUG ini dapat mewujudkan kesetaran dalam membangun Padang Panjang lebih baik lagi kedepannya.

“Saya berhatap mari kita searah tujuan, seayun selangkah dalam menyamakan misi agar bersinergi untuk memajukan pembangunan Padang Panjang,” harapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here