Sebanyak 2.736 Lembar Surat Suara Berlebih di Pilkada Padang

229

PADANG (MARAPINEWS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menyebutkan ada kelebihan surat suara untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) sebanyak 2.736 lembar. Surat suara berlebih ini rencananya akan dimusnahkan besok (Senin, 25/6).

Divisi Keuangan dan Logistik KPU Kota Padang Mahyuddin menyebutkan, kebutuhan surat suara untuk pilkada Kota Padang adalah sebanyak 549.441 lembar. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah pemilih dalam DPT sebanyak 535.265 orang ditambah surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen.

“Setelah dilakukan penyortiran, terdapat surat suara berlebih sebanyak 2.736 lembar termasuk surat suara rusak. Kelebihan ini akan dimusnahkan besok,” katanya dalam konferensi pers terkait persiapan menjelang hari pemungutan suara, Minggu (24/6).

Pemusnahan surat suara berlebih, tambahnya, akan disaksikan oleh pihak terkait. KPU akan mengundang unsur Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu), aparat kepolisian, unsur pemerintahan, ke dua pasangan calon serta termasuk dari unsur media massa.

“Pemusnahan akan disaksikan seluruh pihak terkait termasuk dari media massa untuk meliput kegiatan itu,” terangnya.

Sementara untuk distribusi logistik pemilihan, dia menyebutkan akan dilakukan selama dua hari yaitu Senin dan Selasa (25 dan 26 Juni 2018, red). Pihaknya telah menyiapkan 18 unit mobil untuk mendistribusikan logistik ke TPS yang ada di seluruh kecamatan.

Terkait kendala kekurangan bilik suara, menurut Mahyuddin sudah bisa ditanggulangi dengan cara meminjam ke KPU Kabupaten Padang Pariaman. Peminjaman bisa dilakukan karena Kabupaten Padang Pariaman tidak menggelar pemilihan pada pilkada serentak tahun 2018 ini.

“Kekurangan bilik suara sebanyak 1.400 unit sudah bisa ditanggulangi dengan meminjam ke Padang Pariaman yang tahun ini tidak menggelar pilkada. Termasuk peralatan yang dipinjam adalah dua unit perangkat scanner untuk antisipasi teknis,” lanjutnya.

Pemungutan suara Pilkada Kota Padang akan dilangsungkan di 1.600 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 104 Kelurahan yang ada di 11 kecamatan. Berdasarkan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah pemilih adalah sebanyak 535. 265 orang.

Jumlah pemilih tersebut meliputi pemilih laki-laki sebanyak 261.797 orang dan pemilih perempuan sebanyak 273.468 orang. Jumlah pemilih terbanyak berada di Kecamatan Koto Tangah yaitu 112.663 orang sementara paling sedikit berada di Kecamatan Bungus Telukkabung yaitu 16.993 orang.

Pilkada Kota Padang diikuti dua pasangan calon (paslon) yaitu paslon nomor urut 1 Emzalmi – Desri Ayunda dan paslon nomor urut 2 Mahyeldi – Hendri Septa. Paslon nomor urut 1 diusung oleh koalisi tujuh parpol yaitu PDIP, PPP, Golkar, Demokrat, Gerindra, Nasdem dan PKB. Sedangkan paslon nomor urut 2 diusung oleh koalisi PAN dan PKS. (pdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here